Visi dan Misi

Visi dan Misi

Visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti

Menuju Fakultas yang berstandar internasional dengan tetap memperhatikan nilai-nilai lokal dalam mengembangkan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa.

Rumusan visi tersebut mengandung tiga hal utama yang hendak dicapai dalam periode waktu sampai dengan tahun 2030 sesuai dokumen Rencana Induk Pengembangan Universitas Trisakti. Ketiga hal tersebut adalah berstandar internasional, nilai-nilai lokal, meningkatkan kualitas hidup bangsa.

Berstandar internasional mengandung makna bahwa kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis ditujukan untuk mengembangkan daya saing dengan menyelenggarakan pengelolaan fakultas yang memenuhi kualifikasi Five Stars University versi QS Stars pada tahun 2030, Implementasi Standart Internasional di Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam bentuk keanggotaan the Association to advance collegiate schools Business (AACSB) dan Aun Quality Assurance dengan tujuan untuk menyetarakan mutu ditataran Internasional.

Memperhatikan nilai-nilai lokal mengandung arti bahwa fakultas tetap memperhatikan nilai-nilai budaya lokal atau daerah. Nilai-nilai lokal tersebut meliputi tiga ranah yaitu: 1) ranah hubungan antar sesama; 2) ranah hubungan manusia dengan alam; dan 3) ranah hubungan manusia dengan Tuhan.  

Meningkatkan kualitas hidup bangsa mengandung makna bahwa tujuan akhir dari penyelenggaran pendidikan tinggi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah mengembalikan hasil proses kegiatan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi  kepada masyarakat, yakni terciptanya kualitas hidup bangsa Indonesia yang semakin meningkat yang setara dengan bangsa-bangsa lain di dunia. 

Misi Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti

  1. Meningkatkan peran serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan intelektual, berstandar internasional, dan berkarakter Trikrama Trisakti melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran. 
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan berbasis nilai-nilai lokal guna menjawab permasalahan nasional dan meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  3. Meningkatkan peran serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis dalam mendukung kebutuhan masyarakat dan industri melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

  1. Mewujudkan visi, misi dan tujuan melalui peningkatan pemahaman oleh pemangku kepentingan dan menjadikannya sebagai pedoman peyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.
  2. Menghasilkan lulusan yang berpengetahuan, berbudi luhur, cerdas, sehat, mandiri, kreatif, inovatif, berkarakter Trikrama Trisakti, memiliki kepekaan sosial, mampu bekerja sama, berkomunikasi dan mengembangkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) yang adil, arif, menghormati kemajemukan bangsa, serta memiliki daya saing global.
  3. Meningkatkan kualifikasi dan kompetensi sumber daya manusia yang berstandar Internasional guna meningkatkan daya saing bangsa.
  4. Mewujudkan budaya akademik yang memacu pengembangan diri melalui proses penyelenggaraan Tridharma yang produktif, efektif dan efisien dalam ikut membangun masyarakat adab (civil society).
  5. Meningkatkan sistem pengelolaan, kualitas, dan ketersediaan sarana prasarana, dana, dan sistem informasi, untuk mendukung terlaksananya Tridharma Perguruan Tinggi.
  6. Memantapkan budaya meneliti, publikasi ilmiah, dan menyumbang-kan karya nyata yang bermanfaat kepada masyarakat, bangsa dan negara untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  7. Mengembangkan kemitraan dengan lembaga pendidikan tinggi lain, asosiasi profesi, dunia industri, pemerintah, dan masyarakat dalam dan luar negeri.

 

SIMBOL

Lambang Universitas Trisakti yaitu berbentuk logo warna hitam tanpa dasar atau latar belakang apapun.

Motif “trisula” yaitu bentuk ujung tombak bercabang tiga bermakna Tridharma Bhakti Universitas Trisakti yaitu Pendidikan dan pengajaran, Penelitian dan Pelayanan kepada Masyarakat.

Trisula ini berdiri diatas lima buah kaki yang mirip kelopak bunga yang melambangkan Pancasila lambang negara Indonesia.