Sarjana S1

button-twitter.png button-facebook.png

Management



VISI
Menuju Program Studi Sarjana yang berstandar internasional dengan tetap memperhatikan nilai-nilai lokal dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Manajemen untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa.
 
Rumusan visi tersebut mengandung tiga hal utama yang hendak dicapai dalam periode waktu sampai dengan tahun 2030 sesuai dokumen Rencana Induk Pengembangan Fakultas Ekonomi dan Universitas Trisakti. Ketiga hal tersebut adalah berstandar internasional, nilai-nilai lokal, dan  meningkatkan kualitas hidup bangsa.
 
Berstandar internasional mengandung makna bahwa kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di Program Studi Manajemen ditujukan untuk mengembangkan daya saing dengan menyelenggarakan pengelolaan fakultas yang memenuhi kualifikasi Five Stars University versi QS Stars pada tahun 2030.
 
Memperhatikan nilai-nilai lokal mengandung arti bahwa Program Studi Manajemen tetap memperhatikan nilai-nilai budaya lokal atau daerah. Nilai-nilai lokal tersebut meliputi tiga ranah yaitu: 1) ranah hubungan manusia dengan Tuhan. 2.  ranah hubungan antar sesama manusia; 3) ranah hubungan manusia dengan alam.  
 
Meningkatkankualitas hidup bangsa mengandung makna bahwa tujuan akhir dari penyelenggaran pendidikan tinggi di Program Studi Manajemen adalah mengembalikan hasil proses kegiatan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi  kepada masyarakat, yakni terciptanya kualitas hidup lulusan berupa menjadi Profesional, Wirausaha yang handal, atau birokrat yang berintergritas yang pada akhirnya menciptakan kualitas hidup bangsa Indonesia yang semakin meningkat yang setara dengan bangsa-bangsa lain yang sudah maju di dunia. 
 
MISI
  1. Meningkatkan peran serta Program Sudi Manajemen dalam menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan intelektual, Kemampuan Profesionalitas yang tinggi, Wirausaha yang Handal, Birokrat yang berintegritas, berstandar internasional, dan berkarakter Trikrama Trisakti melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran. 
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan berbasis nilai-nilai internasional dan nilai-nilai lokal guna menjawab permasalahan nasional dan meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  3. Meningkatkan peran serta Program Studi Manajemen dalam mendukung kebutuhan masyarakat, pemerintah,  dan industri melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memperkuat kemampuan intelektual, kemampuan profesionalitas yang tinggi, wirausaha yang handal, dan birokrat yang berintegritas.
 
TUJUAN 
  1. Mewujudkan Visi, Misi, dan Tujuan Program Studi Manajemen melalui peningkatan pemahaman oleh pemangku kepentingan dan menjadikannya sebagai pedoman peyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.
  2. Menghasilkan lulusan yang berpengetahuan di bidang manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumberdaya manusia dan manajemen operasional yang  profesional, berdayajuang tinggi, berbudi luhur, cerdas, sehat, mandiri, kreatif, inovatif, berkarakter Trikrama Trisakti, memiliki kepekaan sosial, mampu bekerja sama, berkomunikasi dan mengembangkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) yang adil, arif, menghormati kemajemukan bangsa, serta memiliki daya saing global.
  3. Meningkatkan kualifikasi dan kompetensi sumber daya manusia yang berstandar internasional, memiliki kemampuan intelektual, kemampuan profesionalitas yang tinggi, wirausaha yang handal, dan birokrat yang berintegritas guna meningkatkan daya saing bangsa.
  4. Mewujudkan budaya akademik yang memacu pengembangan diri melalui proses penyelenggaraan Tridharma yang produktif, efektif dan efisien dalam ikut membangun masyarakat adab (civil society).
  5. Meningkatkan sistem pengelolaan, kualitas, dan ketersediaan sarana prasarana, dana, dan sistem informasi, untuk mendukung terlaksananya Tridharma Perguruan Tinggi.
  6. Memantapkan budaya meneliti, publikasi ilmiah, dan menyumbangkan karya nyata yang bermanfaat kepada masyarakat, bangsa dan negara untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  7. Mengembangkan kemitraan dengan lembaga pendidikan tinggi lain, asosiasi profesi, dunia industri, pemerintah, dan masyarakat dalam dan luar negeri. 
 
SASARAN
  1. Visi, Misi, Tujuan, dan, Sasaran  dipahami oleh pemangku kepentingan dan dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi di Program Studi Manajemen.
  2. Tercapainya Akreditasi A Standar BAN PT untuk seluruh program studi, serta mendapat status akreditasi internasional dengan dukungan tata pamong fakultas yang partisipatif, andal, kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, adil, berstandar ISO, dan diterapkannya manajemen mutu secara berkesinambungan dan konsisten untuk mendukung pencapaian Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran.
  3. Dihasilkannya lulusan yang berkarakter Trikrama Trisakti dan berdaya saing tinggi, baik di dalam maupun luar negeri  dengan capaian 30% lulusan melanjutkan studi sesuai bidang ilmu; 70% bekerja sesuai dengan bidang ilmunya dalam jangka waktu paling lama 12 bulan (10% diantaranya menjadi Wirausaha)
  4. Tercapainya kinerja lulusan yang berkualitas dan berprestasi, dibuktikan dengan rekomendasi dari 10 perusahaan besar baik perusahaan di dalam maupun di luar negeri.
  5. Tercapainya kualifikasi sumber  daya manusia dimana 60% dosen berpendidikan S3 yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi program studinya; 60% dosen jabatan akademik Guru Besar dan Lektor Kepala. Tenaga kependidikan yang bersertifikasi sesuai dengan bidang tugasnya;rasio dosen; mahasiswa 1:30; dan 5% dosen mendapat penghargaan bertaraf internasional; 5% memiliki pengalaman profesional sesuai bidang yang bertaraf internasional.
  6. Tercapainya kepuasan dosen dan non-dosen malalui pemberian konpensasi, peluang pengembangan kompetensi dan aktualisasi diri sesuai dengan serta dikaitkannya hasil penilaian prestasi kerja dangan pemberian penghargaan dan sanksi (bonus, peserta pelatihan, promosi, teguran, demosi) untuk meningkatkan motivasi kerja, budaya dan etos kerja, keterbukaan dan kolegiasitas.
  7. Tercapainya proses pembelajaran yang produktif, efektif, dan efisien yang berbasis pada Student Centered Learning dan terlaksananya program pertukaran dan kerjasama mahasiswa antar universitas di dalam dan luar negeri.
  8. Tersedianya sarana pendukung pendidikan berupa tempat ibadah, taman, kesehatan, olah raga, kantor pos, bank, toko buku, kantin, ruang bersama, ruang pertemuan, wisma tamu dan asrama mahasiswa.
  9. Terciptanya suasana akademik yang kondusif malalui kurikulum yang memenuhi kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, berbasis kearifan lokal, memenuhi tuntutan kebutuhan pasar dan prasyarat ilmu pengetahuan untuk membangun masyarakat.
  10. Tersedia sarana sistem informasi dan e-learning yang selalu terbaharui baik substansi maupun sarana pendukungnya.
  11. Tersedia sarana prasarana kegiatan Tridharma yang meliputi ruang/diskusi/seminar, fasilitas praktikum, dan perpustakaan yang berstandar dan/atau bersertifikasi  internasional yang dapat diakses untuk kepentingan umum.
  12. Tersedianya kecukupan dana dari sumber utama dan berbagai sumber tambahan dari dalam Fakultas termasuk badan afiliasi, maupun luar Fakultas Ekonomi, guna kelangsungan dan peningkatan mutu penyelenggara Tridharma PT serta tersedianya dana sebesar 1% dari pendapatan untuk beasiswa, dan pembangunan masyarakat di sekitar kampus.
  13. Terlaksananya kerjasama di bidang Tridharma dengan 2 Program Studi Manajemen dari perguruan tinggi terkemuka baik di dalam maupun di luar negeri, dan kerjasama penelitian dengan paling sedikit 2 industri yang  berbeda yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal internasional.
  14. Memberikan hasil kerja nyata dan pelatihan bagi pengembangan suber daya regional di daerah binaan Fakultas Ekonomi.
  15. Dihasilkannya publikasi ilmiah Nasional dan Internasional sejumlah 1 karya per dosen per tahun.
 

PROFIL LULUSAN

  • Manager pada level operasional bidang Keuangan, Pemasaran, SDM dan Produksi/Operasi
  • Ilmuwan muda manajemen/ Analis bidang Keuangan, Pemasaran, SDM dan Produksi/Operasi (Asisten Peneliti/Konsultan/Pendidik)
  • Wirausaha Muda.
 

KEKHASAN PROGRAM STUDI S1 MANEJEMEN


Struktur kurikulum Program Studi (Prodi) Manajemen FEB Usakti didasarkan pada kebijakan, peraturan dan pedoman yang berlaku baik dari tingkat nasional, universitas maupun fakultas. Struktur kurikulum prodi Manajemen disusun untuk mendukung upaya mewujudkan visi dan misi universitas maupun fakultas, yaitu mencapai standar internasional, memperhatikan nilai-nilai lokal dan mengembangkan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa. Kurikulum tetap mengacu pada kerangka kompetensi KKNI dan paradigma Outcome Based Education (OBE), serta dokumen penjaminan mutu agar perancangan maupun operasionalisasi serta evaluasi yang dilakukan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
Penyelenggaraan Tridharma pada Prodi Manajemen difokuskan pada upaya untuk memfasilitasi pencapaian tujuan pembelajaran yang berorientasi pada kewirausahaan, sejalan dengan kebutuhan masyarakat dan dunia industri masa kini. Hal ini ditunjukkan pada profil lulusan yang ditargetkan, yaitu membentuk mahasiswa dan lulusan yang memiliki kemampuan manajerial yang handal, berjiwa kewirausahaan yang berorientasi ke masa depan, berintegritas, serta mampu berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, juga untuk membentuk kemampuan pengembangan diri dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis global yang sangat dinamis. Upaya ini tercermin pada kurikulum prodi manajemen yang menawarkan berbagai mata kuliah maupun kegiatan yang sesuai, seperti mata kuliah Kewirausahaan, Komunikasi Bisnis dan Negosiasi, Bisnis Digital, Etika Bisnis, Bisnis Berkelanjutan, Personality Development, dan mata kuliah konsentrasi yang sangat mendukung dan memfasilitasi upaya tersebut.
 

PRESTASI PROGRAM STUDI S1 MANAJEMEN TAHUN 2019 - 2020


Prestasi Prodi S1 Manajemen tahun 2019-2020 adalah:
  1. Berhasil mempertahankan Akreditasi A dari BAN PT pada tahun 2019 yang berlaku hingga 2024.
  2. Mendapat akreditasi Sinta 3 untuk Jurnal MRBM (Jurnal Media Riset dan Bisnis Manajemen) pada tahun2019 yang berlaku hingga 2021.

Prestasi Dosen Prodi Manajemen.
 
No. Nama Dosen Prestasi dan Bukti Pendukung
1 Maria Rosaline Nindita Radyati, Phd
  • Council of expert
  • Board Member ISTR
  • Dosen tamu S2 FISIP UI tentang SROI
  • Membuat kurikulum untuk Pendidikan Vokasi UKM dengan dana dari HM Sampoerna (dengan melakukan riset di 10 kota)
  • Melakukan penelitian dan Menyusun “Grand Design TJSL (Tanggung Jawab Sosial) untuk Kementrian BUMN untuk seluruh BUMN di Indonesia
  • Menjadi pembicara Webinar yang diselenggarakan oleh Bursa Efek bekerjasama dengan Reporting Innitiative Global Compact Indonesia
2 Dr. Yolanda Masnita, MM
  • Certified International Research Reviewer
  • Mitra Bestari
  • Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi
3 Dr. Kurniawati, MM
  • Certified International Research Reviewer
     
4 Elizabeth Gunawan Ananto, PhD
  • Asia Pacific Communication Monitor
  • Dewan Kehormatan Pengurus BPP PERHUMA Periode 2
5 Prof. Farah Margaretha, PhD
  • Mitra Bestari
  • Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi
6 Dr. Sri Vandayuli Riorini, MM
  • Mitra Bestari
  • Publikasi pada Jurnal Internasional Bereputasi
  • Peserta Terbaik Pelatihan Pekerti yang diselenggarakan oleh PIPS Universitas Airlangga, Surabaya.
  • Menjadi pembicara Webunar yang diselenggarakan oleh Sekolah Masyarakat
7 Dr. Ayu Ekasari, MM
  • Mitra Bestari
8 Dr. Dita Oki Berliyanti, MM
  • Mitra Bestari
     
9 Dra. Hartini, MM
  • HKI – Surat Pencatatan Ciptaan
  • HKI – Design Industri
10 Fatik Rahayu, SE, MSi
  • Publikasi artikel pada jurnal Sinta 2


Pestasi Mahasiswa Prodi Manajemen Tingkat Internasional
 
Community Case Study Competition 24 Nop 2019
  • Imelia Arota Hia,
  • Sofia Ayu D,
  • Abdurrahman .S,  
  • Adila Rauda .S,
  • Galuh Refadias,   
  • Desy Yohana M,
  • Bunga Sepyutari,
Partisipan
International Youth Program 2019
  • Abdurahman Setiawan
Partisipan
International Week on ASEAN Business Environment 15 – Juli – 2019
  • Nurul asri Maharani
 
 
 
Pestasi Mahasiswa Prodi Manajemen Tingkat Nasional
 
PPM Business Case Competition 3 – Agustus - 2019
  • Agnessa BP
  • Abdurrahman .S,
  • Galuh Refadias A,   
Partisipan
Trisakti Management Challenge 2019 20 – September - 2019
  • Putera Panca Perdana,
  • Luna Febrin N.,
  • Cindy Ratu Anggia
Juara 3
Trisakti Management Challenge 2019 20 – September - 2019
  • Adila,
  • Sofia Ayu Ditami,
  • Gandes Savira
  • Widyanti
 
YES Alumni Changemaker Bootcamp 2019 2019
  • Rifqi Pandu
 
FEB CUP (Futsal) 2019
  • Firzainy Jiddan Mustofa
Juara 2
futsal Muslim footballers Bogor 2019
  • Firzainy Jiddan Mustofa
Juara 2
 




 
Biaya Pendidikan di FEB USAKTI Tahun ajaran 2020 - 2021.
 
Penerimaan Mahasiswa Baru Trisakti

icon-twitter.pngRecent Tweets

@lisamyangggg Ambil prodi apa? Sukses selalu ya 🙏
Senin, 26 Jul 2021 19:07
WEBINAR IKA TRISAKTI Talk Series SIAGA PENANGANAN COVID-19, ISOLASI MANDIRI ATAU KE RUMAH SAKIT? Sabtu, 10 Juli 2… https://t.co/65htf7qzdv
IKAUSAKTI
Sabtu, 10 Jul 2021 04:04
Selasa, 8 Juni 2021 Waktu : 08.30 – 10.00 WIB Tempat : Zoom Meeting Agenda : Prof. Dr. Ir. #KadarsahSuryadi, DEA se… https://t.co/pG7fZpq2GA
Selasa, 8 Jun 2021 06:06
Bagi kalian yg ingin tahu ttg Kampus Universitas Trisakti, sistem pembelajaran, Dosen-dosen, kegiatan, prestasi, be… https://t.co/9HeswhjuAi
Kamis, 27 Mei 2021 18:06
Kebajikan muncul dari perbuatan baik. Kebijaksanaan muncul dari pikiran yang murni dan damai. Universitas Trisakti… https://t.co/c6BbBDbZUh
Rabu, 26 Mei 2021 08:08
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/15lAbz82Zy
Sabtu, 15 Mei 2021 05:05
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/wp0FGrTi23
Sabtu, 15 Mei 2021 05:05
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/JVLjKS9FVs
Jumat, 14 Mei 2021 19:07
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/16gKMrYGvZ
Jumat, 14 Mei 2021 15:03
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/sL4MZ4Jy2M
Jumat, 14 Mei 2021 14:02
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/OkpkyvTj9v
Jumat, 14 Mei 2021 05:05
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/jFgZoDDLNP
Jumat, 14 Mei 2021 05:05
Universitas Trisakti mengucapkan selamat memperingati dan merayakan Hari Kenaikan Isa Almasih #harirayahttps://t.co/8H71ADTqhs
Jumat, 14 Mei 2021 04:04
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/ga7s5il83k
Kamis, 13 Mei 2021 21:09
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/EgCbGcCHvA
Kamis, 13 Mei 2021 20:08
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/jVcskbxdcC
Kamis, 13 Mei 2021 20:08
Selamat Idul Fitri "Taqobbalallahu minna wa minkum" https://t.co/Vvav2iaON6 @usakti_official @alumni_trisaktihttps://t.co/MIjBsybAan
Kamis, 13 Mei 2021 15:03
Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA Pjs Rektor dan Segenap Civitas Akademika Universitas Trisakti mengucapkan SEL… https://t.co/iwtKl7IfQU
Kamis, 13 Mei 2021 03:03
#myrector Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA Pjs Rektor Universitas Trisakti #trisaktipictures #usakti #trisaktihttps://t.co/cuGfFHJwmQ
Minggu, 9 Mei 2021 08:08
Jangan lewatkan! Ujian Saringan Masuk Universitas Trisakti Hari : Minggu Tanggal : 9 Mei 2021 Informasi Penerimaa… https://t.co/L6dqKkDPiD
Jumat, 7 Mei 2021 15:03

icon-fb.png Recent Posts

Guru Besar

Prof.Dr. Thoby Mutis . Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Nama Lengkap : Prof. Dr. Thoby Mutis NIP / NIK : 1946 / USAKTI Pangkat / Golongan : Guru Besar…

Hubungi Kami


Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol
Jakarta Barat, Indonesia
Phone: (62-21) 566 3232
Fax: (62-21) 564 4270
Email: humas@trisakti.ac.id

Alumni