Selamat Datang di Situs Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
Anda Berada Di : Beranda / Doktoral / Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi

Program Doktor Ilmu Ekonomi mempunyai 4 (empat) bidang Kekhususan yaitu:

1.    Menajemen Pembangunan Berkelanjutan

2.    Ekonomi dan Keuangan Syariah

3.    Manajemen Jasa

4.   Ilmu Ekonomi

5.    Strategic Management

6.   Doktor Ilmu Manajemen

 

 

 

KONSENTRASI MANAJEMEN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN

Program ini didirikan pada tahun 2001 berdasarkan Surat Keputusan DIKTI No. 2609/D/T/2001 tanggal 6 Agustus 2001. Pada bulan Desember 2011 memperoleh akreditasi “C” dan dalam proses untuk dilaksanakannya Reakreditasi ulang untuk memperoleh nilai yang lebih baik..

Profil Lulusan

Program Doktor Ilmu Ekonomi  telah meluluskan puluhan alumni yang tersebar di berbagai  bidang pekerjaan. Dimana sebagaian besar mereka adalah para pengambil keputusan di berbagai instansi pemerintah, swasta, pelaku bisnis, peneliti dan dosen.

         Spesifikasi Program

          Pencapaian lulusan (Learning Outcome)

         Learning Outcome Program Doktor Ilmu Ekonomi  Universitas Trisakti dapat berperan :

  1. Sebagai tenaga ahli  yang berkemampuan memecahkan masalah ekonomi yang kompleks atau sebagai akademisi di bidang Ilmu Ekonomi.
  2. Dapat memecahkan permasalahan di dalam bidang ekonomi melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin
  3. Mengembangkan ilmu ekonomi atau praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji
  4. Mengelola riset yang hasilnya berpotensi untuk diaplikasikan dan layak dipublikasikan di tingkat nasional maupun internasional, dalam bentuk publikasi saintifik pada jurnal ilmiah yang terakreditasi
  5. Dapat berkontribusi dalam merencanakan sebuah peta jalan riset dalam bidang ilmu ekonomi
  6. Mempromosikan pemajuan ilmu dan teknologi di bidang ilmu ekonomi dalam konteks akademik dan professional
  7. Memimpin kelompok kerja yang bertugas untuk memecahkan masalah dalam bidang ilmu ekonomi yang kompleks pada bidang tertentu atau mengelola laboratorium riset
  8. Mengevaluasi diri, mengelola pembelajaran diri sendiri secara efektif, mengkomunikasikan informasi, argument, analisis yang relevan dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat yang sesuai dengan bidangnya atau masyarakat umum.

Kurikulum

Kurikulum yang digunakan selalu dievalusi secara berkala dan disesuaikan dengan kebutuhan yang senantisa berkembang.

Kurikulum program Doktor Ilmu Ekonomi  terbagi menjadi 2 bagian yaitu :

  1. Qualifying Scientific Deepening Process 37 SKS
  2. Research dan Dissertation Writing 30 SKS

Qualifying Scientific Deepening Process 37 SKS

Semester I

Philosophy of Sciences, Dissertation Preparation & Statistical Data Analysis (3sks); Monitoring & Evaluation Courses (3sks); Micro Economics (3sks); Macro Economics (3sks); Financial Management & Accounting (Project Evaluation & Monitoring of Resources) (3sks); Comprehensive Multi discipline Public Policy (3sks)

Semester II

Philosophy of Sustainable Development Management (3sks); Motivation & Technology of Participation (3sks); Poverty Alleviation Development & Urban Economics (3sks); Organizational Development & Business Process Orientation (3sks); Economy of  Natural Resources & Environmental Policy (3sks); Special Studies (4sks) : (Environmental & Engineering Options, Economics, Business & Management Option, Legal Law & Policies Options, Medical & Public Health Options, Energy Development Policy)

Research and Dissertation Writing

Semester III

Research I (8sks) : Research Proposal Writing; Seminar on Research Proposal

Semester IV

Research II (8 sks) : Collecting, Processing & Analyzing of Data, Seminar on Research Result.

Semester V

Dissertation I (8sks) : Dissertation Writing, Seminar on Research Dissertation

Semester VI

Dissertation II (8sks) : Final Dissertation Writing, Pre – Promotion Exam (Closed Exam) Promotion (Open Exam)

Beban SKS

Pada masa perkuliahan jumlah mata kuliah yang wajib diambil adalah sebanyak 12 Mata kuliah  dimana 11 mata kuliah mempunyai bobot 3 SKS sedangkan satu mata kuliah mempunyai bobot 4 SKS. Sehingga jumlah SKS mata kuliah seluruhnya adalah 37.

Pada tahap penulisan disertasi jumlah beban SKS yang wajib diambil adalah 30 SKS yang terbagi menjadi Research 1 (8 SKS), Research 2 (8 SKS), Disertation 1 (8 SKS) dan Disertation 2 (6 SKS). Secara keseluruhan total SKS yang wajib diambil untuk menyelesaikan kulah pada program Doktor Ilmu Ekonomi adalah sebanyak 67 SKS

Waktu Kuliah

Perkuliahan Program Doktor Ilmu Ekonomi adalah :

1.    Kamis         : 17.00 s/d 22.00 WIB

2.    Jumat          : 17.00 s/d 22.00 WIB

3.    Sabtu          : 08.00 s/d 13.00 WIB

Perkuliahan dilaksanakan di Kampus Mega Kuningan, Kantor Taman E.3.3 (C3) Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan

Kelulusan

Peserta Didik dinyatakan lulus program Doktor Ilmu Ekonomi apabila :

  1. Lulus semua mata kuliah dengan IPK minimal 3.00
  2. Lulus Ujian Tertutup dan Terbuka
  3. Menyerahkan Disertasi yang telah diperbaiki, dan telah ditandatangani oleh para pembimbing, co Pembimbing serta Penguji
  4. Telah menyelesaikan semua kelengkapan administrasi, perpustakaan dan keuangan
  5. Memiliki skor TOEFL minimal 500

Prestasi Dosen dan Mahasiswa

Dosen-dosen pengasuh berasal dari akademisi maupun praktisi, sehingga dapat saling melengkapi. Dosen-dosen banyak menjadi pembicara seminar dari hasil penelitian di dalam maupun di luar negeri. mendapatkan penghargaan sebagai dosen teladan tingkat nasional. Ada juga dosen-dosen yang mendapat Hibah dari DIKTI untuk melakukan penelitian. Banyak dosen Program Doktor Ilmu Ekonomi  yang terlibat aktif dalam organisasi profesi.

Mahasiswa Program Doktor Ilmu Ekonomi ada yang menjadi pembicara Seminar Internasional. Banyak Mahasiswa yang bekerja dan menempati posisi penting serta strategis dalam mengambil keputuasan pada perusahaan dimana dia bekerja.

KONSENTRASI EKONOMI DAN KEUANGAN SYARI’AH

Islamic Economics and Finance Universitas Trisakti, didirikan pada tanggal 07 Agustus 2010, berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Trisakti, No : 195/USAKTI/SKR/VII/2004 tertanggal 15 Juli 2004. Pada tahun 2006, Islamic Economics & Finance menjadi Konsentrasi Ekonomi dan Keuangan syariah pada Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi dengan memperoleh Surat Keputusan DIKTI No.1970/D/T/2006 tertanggal 16 Juni 2006.

Profil Lulusan

Konsentrasi Ekonomi dan keuangan syariah ditujukan kepada para praktisi, akademisi maupun para fresh graduate yang ingin mendalami pengetahuan dan mengembangkan sektor industri yang terkait di bidang tersebut. Sampai saat ini program Doktor ini telah meluluskan 4 orang. Yang mana para lulusan ini diharapkan dapat langsung mengamalkan ilmunya di bidang terkait.

Spesifikasi Program

Lulusan Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Trisakti bekerja di berbagai instansi swasta maupun pemerintahan; diinstansi swasta seperti perbankan konvensional, perbankan  syariah,  BPR/BPRS, lembaga keuangan konvensional maupun syariah (seperti pasar modal, Asuransi,, BMT, dsb), Instansi pemerintah; Departemen keuangan terutama Ditjen Pajak, Pemda, Departemen Agama, dsb..

Pencapaian lulusan

Peserta didik dinyatakan teiah menyelesaikan Program Doktor Ekonomi Syariah apabila telah lulus semua mata kuliah, mempunyai IPK ≥ 3,00 ( dengan nilai mata kuliah Minimal B ), lulus ujian Disertasi, menyerahkan Disertasi yang telah diperbaiki, dan telah ditandatangani oleh para penguji, dan juga menyelesaikan semua urusan administrasi, perpustakaan dan keuangan.

Kurikulum

Untuk menyiapkan tenaga ahli dibidang Ekonomi dan Keuangan Syari’ah maka mahasiswa harus menempuh mata kuliah sebagai berikut:

Semester I

Islamic Micro Economics, Islamic Macro Economics, Comparative Epistemology and Scientific Thougt, Fiqh Muamalah & Ushul Fiqh Kontemporer, Advance of Shariah Economics, Socioeconomics and Development.

Semester II

Advance Economics and Finance, Econometrics, Islamic Socioeconomics and Accounting, International Trade and Finance, Money and Islamic Monetary System, Research Method dan Zakat, Infaq, Shadaqah dan Waqaf diberbagai negara.

Semester III

Islamic Banking and Finance, Islamic Insurance & Risk Management, Islamic Capital Market, dan Current Issues.

Semester IV

Microfinance, Networking and Institution, Pre-Eliminary / Tawhidy String Relation dan Qualification Exam of Candidate Doctor / Pre-Elminary.

Semester V

Research Proposal and Writing Seminar (Research I)

Semester VI

Collecting Processing and Analyzing of Data (Research II)

Semester VII

Dissertation Writing (Disertation I) dan Comprehensive Exam (Disertation II)

Para pengajar pada konsentrasi ini terdiri dari kalangan akademisi dan praktisi yang berasal dari Perbankan dan Keuangan Syariah dan Asuransi Syariah

Ketentuan Akademik

Mahasiswa Baru

Program Doktor Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah menerima mahasiswa lulusan S2 dari berbagai disiplin ilmu, mengikuti ujian saringan masuk dan dinyatakan lulus serta memberikan dua surat rekomendasi dari dua pihak yang terkait. Juga melengkapi persyaratan yang dibutuhkan dari program.

Jadwal Perkuliahan

Waktu Perkuliahan Senin – Jum’at Sesi Mata Kuliah  3 SKS 16.30 – 19.00 WIB & 18.30 – 21.00 WIB, Sesi Mata Kuliah 2 SKS 18.30 – 20.10 WIB, Pada Hari Sabtu 08.00 – 10.30 WIB, 10.40 – 13.10 WIB dan 13.45 – 16.15 WIB, Sesi Mata Kuliah 2 SKS 08.00 – 09.40 WIB dan 10.40 – 12.20 WIB dan 13.45 – 15.25 WIB

Tempat Perkuliahan

Perkuliahan di selenggarakan di kampus TIBS ( Trisakti International Bussiness School, Kantor taman E.33. Blok C.33.A, beralamat di Jalan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Prestasi

Program Doktor Ilmu Ekonomi Konsentrasi Ekonomi dan Keuangan Syariah memiliki Beberapa Prestasi antara lain  Syariah Award Versi Globe dan Tokoh Syariah Bidang Pendidikan Versi Investor Daily.

Kerjasama

Program Doktor Ilmu Ekonomi Konsentrasi Ekonomi dan Keuangan Syariah memiliki beberapa Perjanjian kerjasama antara lain La Trobe University, Melbourne Australia, Markfield Institute of Higher Education, Markfield, UK, PT. Bank Syariah Mandiri, Univ.Cape Breton,Sydney & Canada, International Islamic University, Chittagong, Bangladesh, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Medan, Universitas Islam Azzahra , Muamalat Institute , Universitas Islam Riau, Pekanbaru, The International Institute of Islamic Business and Finance, India, Dompet Dhuafa, Republika, PT. Al Ijarah Indonesia Finance, Pondok Pesantren An – Nidzon, Madani Business Network dan Baitul Maal Muamalat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KOSENTRASI ILMU AKUNTANSI

Latar Belakang

Kebutuhan akan tenaga akademik dan profesional di jenjang doktoral semakin meningkat saat ini. Persaingan yang ketat menambah pentingnya kemampuan seseorang dalam menganalisa permasalahan dan mencermati hal-hal yang terjadi dengan cara bijak berdasarkan pengetahuan dan akhlak yang tinggi. Dengan kebutuhan yang tinggi, kenyataannya ketersediaan program doktor ilmu akuntansi ini masih sangat terbatas. Atas dasar ini, Universitas Trisakti sebagai salah satu universitas swasta terbesar di Indonesia menawarkan pendidikan Program Doktor Ilmu Akuntansi sesuai dengan tuntutan dan persaingan global dan regional. Dengan kompetensi staf pengajar doktoral lulusan dalam dan luar negeri. Universitas Trisakti berkeyakinan dapat bersaing dengan program doktoral yang ditawarkan oleh lembaga pendidikan lainnya. Keberadaan Program Doktoral di desain berdasarkan kebutuhan pasar dengan sistem analytical thinking yang mengedepankan kapasitas intelektual dalam berpikir dan meningkatkan moral education sehingga kompetensi ini benar dapat dikontribusikan kepada masyarakat dan ilmu pengetahuan

PesertaProgram

Program Doktor Ilmu Akuntansi ini akan berguna bagi para akademisi, pengamat ekonomi, profesional, dan pelaku bisnis yang berada Dalam lingkungan pemerintahan, dunia bisnis, akademik, maupun perorangan yang memerlukan kemampuan Intelektual dan moral yang tinggi, serta visi akademis dan bisnis yang tajam ke depan

Tujuan Progran

Menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten secara akademik dan profesional dengan kemampuan terpuji di bidang intelektualitas, moral dan spiritual.Menghasilkan sumber daya manusia yang mampu melakukan transformasi dan inovasi knowledge into practices secara tepat dan bijaksana.Mengembangkan dan menghasilkan model atau penelitian yang multifunction application dari bentuk ilmiah menjadi bentuk praktis yang berguna bagi perkembangan nilai sosial, budaya, ekonomi, akuntansi dan lingkungan baik dalam skala regional maupun global.

Persyaratan Calon Peserta Program

  1. Lulusan program strata 2 dari perguruan tinggi di Indonesia yang terakreditasi, atau lulusan strata 2 dari luar negeri yang telah disetarakan oleh Ditjen Dikti.
  2. Memiliki skor Tes Potensi Akademik (TPA) minimal 550 dan TOEFL minimal 500 atau IELTS minimal 6 yang masih berlaku ( maksimal 2 th dari tanggal tes ). Tes TPA dan TOEFL disediakan oleh Universitas Trisakti bagi yang belum memiliki.
  3. Mengikuti tes masuk tertulis dan wawancara ( dalam bahasa Indonesia dan Inggris) yang dilakukan oleh tim seleksi program Doktor Ilmu Akuntansi Universitas Trisakti.
  4. Mengikuti program matrikulasi mata kuliah tertentu bila diperlukan atas rekomendasi tim seleksi program.
  5. Menyerahkan 2 referensi rekomendasi dari akademisi atau atasan instansi terkait calon peserta.
  6. Untuk peserta pindahan wajib menambahan dokumen dengan
    menyerahkan: i. Surat keterangan pindah dari perguruan tinggi asal, dengan melampirkan Ijazah & transkrip nilai yang telah dilegalisir. ii. Menyetujui hasil penyetaraan mata kuliah yang memiliki nilai B Sebanyak banyaknya 30 sks yang ditentukan oleh tim seleksi program.

Masa Studi

Masa studi normal pada Program Doktor Ilmu Akuntansi adalah 6 Semester dengan IPK minimal 3,00. Batas masa studi dapat diperpanjang menjadi paling lama 14 semester. Bila dalam batas waktu yang telah ditentukan mahasiswa tidak dapat menyelesaikan studinya, maka yang bersangkutan dinyatakan putus sekolah (drop out). Beban studi untuk menyelesaikan program doktor ini adalah 60 Satuan Kredit Semester (SKS) yang terdiri dari mata kuliah, penelitian dan penulisan disertasi.

STRATEGIC MANAGEMENT

Program Doktor Strategic Management merupakan program yang berlandaskan penelitian dan pengembangan aspek-aspek manajemen, dengan tujuan meningkatkan kapasistas manajerial sekaligus memberikan kontrubisi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidan manajemen.
Program ini juga menerapkan prinsip kokoh dalam penguasaan teori dan konsep serta akurat dalam berfikir dan manganalisis masalah. Pada sisi lain, Program Doktor Strategic Management juga menekankan pentingnya penerapan teori dan hasil analisis tersebut guna memecahkan masalah-masalah prtaktis yang dihadapi dunia bisnis.
 

HALAMAN TERKAIT
GALERI MULTIMEDIA
Lihat Lebih Lanjut >>
FASILITAS PENDUKUNG
PERPUSTAKAAN Tujuan,  Sistem Layanan, dan Jadwal Layanan Sebagai unit yang menyediakan informasi ilmiah dan referensi baik berupa buku, jurnal, skripsi dan laporan magang maupun informasi ilmiah lainnya, perpustakaan Lihat Lebih Lanjut >>
EVENT KEGIATAN
              SEMINAR INTERN PRODI EKONOMI PEMBANGUNAN FEB USAKTI DENGAN TEMA : “KEMANDIRIAN WIRAUSAHA” Pembicara : M. IDRIS, S. Sos, Msi (Dirut PT Magna Kartika Jaya, Komisaris PT Manggala Jaya Utama Sampali)   Senin, 13 November 2017 Pukul 13. Lihat Lebih Lanjut >>
PROFIL DOSEN
Dra. Maria Rosaline Nindita Radyati, PhD
  PROFIL DOSEN Nama Maria Rosaline Nindita Radyati Gelar Akademik Dra, ME, Ph.D Gelar Profesi Diploma Consultan (Dip. Cons.), Diploma Project Management (Dip. PM) Email maria.radyati@cectcsr.com Riset Area Corporate Social Responsibility (CSR) dan Social Entrepreneurship Trainer Training CSR PT Korindo    Cibubur    26 Maret 2014
PUSAT STUDI
Program Studi Ekonomi Pembangunan