Selamat Datang di Situs Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
Anda Berada Di : Beranda / Sarjana / S1 Akuntansi
S1 Akuntansi

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Visi
 
Menuju program studi tingkat sarjana yang berstandar internasional dengan tetap memperhatikan nilai-nilai lokal dalam mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Akuntansi untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa.
 
Rumusan visi tersebut mengandung tiga hal utama yang hendak dicapai dalam periode waktu sampai dengan tahun 2030 sesuai dokumen Rencana Induk Pengembangan Universitas Trisakti. Ketiga hal tersebut adalah berstandar internasional, nilai-nilai lokal, meningkatkan kualitas hidup bangsa.
 
Berstandar internasional mengandung makna bahwa kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di program studi akuntansi ditujukan untuk mengembangkan daya saing dengan menyelenggarakan pengelolaan prodi yang memenuhi kualifikasi Five Stars University versi QS Stars pada tahun 2030.
 
Memperhatikan nilai-nilai lokal mengandung arti bahwa prodi akuntansi tetap memperhatikan nilai-nilai budaya lokal atau daerah. Nilai-nilai lokal tersebut meliputi tiga ranah yaitu: 1) ranah hubungan antar sesama; 2) ranah hubungan manusia dengan alam; dan 3) ranah hubungan manusia dengan Tuhan. 
 
Meningkatkan kualitas hidup bangsa mengandung makna bahwa tujuan akhir dari penyelenggaran pendidikan tinggi di prodi akuntansi adalah mengembalikan hasil proses kegiatan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi  kepada masyarakat, yakni terciptanya kualitas hidup bangsa Indonesia yang semakin meningkat yang setara dengan bangsa-bangsa lain di dunia. 
 
 
 
Misi
 
1. Meningkatkan peran serta program studi dalam menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampua
 intelektual, berstandar internasional, dan berkarakter Trikrama Trisakti melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran.
 
2. Meningkatkan kegiatan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan berbasis nilai-nilai lokal guna                    menjawab permasalahan nasional dan meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
 
3. Meningkatkan peran serta program studi dalam mendukung kebutuhan masyarakat dan industri melalui kegiatan
  pengabdian kepada masyarakat.

 

Tujuan
1.  Mewujudkan Visi, Misi dan Tujuan melalui peningkatan pemahaman oleh pemangku kepentingan dan menjadikannya sebagai pedoman peyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi.
2.  Menghasilkan lulusan yang berpengetahuan, berbudi luhur, cerdas, sehat, mandiri, kreatif, inovatif, berkarakter Trikrama Trisakti, memiliki kepekaan sosial, mampu bekerja sama, berkomunikasi dan mengembangkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) yang adil, arif, menghormati kemajemukan bangsa, serta memiliki daya saing global.
3.  Meningkatkan kualifikasi dan kompetensi sumber daya manusia yang berstandar Internasional guna meningkatkan daya saing bangsa.
4.   Mewujudkan budaya akademik yang memacu pengembangan diri melalui proses penyelenggaraan Tridharma yang produktif, efektif dan efisien dalam ikut membangun masyarakat adab (civil society).
5.   Meningkatkan sistem pengelolaan, kualitas, dan ketersediaan sarana prasarana, dana, dan sistem informasi, untuk mendukung terlaksananya Tridharma PT.
6.  Memantapkan budaya meneliti, publikasi ilmiah, dan menyumbangkan karya nyata yang bermanfaat kepada masyarakat, bangsa dan negara untuk meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
7.   Mengembangkan kemitraan dengan lembaga pendidikan tinggi lain, asosiasi profesi, dunia industri, pemerintah, dan masyarakat dalam dan luar negeri.
 
 
Sasaran
 
1. Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran dipahami oleh pemangku kepentingan dan dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan Tridharma PT di Prodi Akuntansi.
2. Tercapainya Akreditasi A Standar BAN PT untuk program studi akuntansi, serta mendapat status akreditasi internasional dengan dukungan tata pamong fakultas yang partisipatif, andal, kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, adil, berstandar ISO, dan diterapkannya manajemen mutu secara berkesinambungan dan konsisten untuk mendukung pencapaian Visi Misi, Tujuan dan Sasaran.
3. Dihasilkannya lulusan yang berkarakter Trikrama Trisakti dan berdaya saing tinggi, baik di dalam maupun luar negeri  dengan capaian 30% lulusan melanjutkan studi sesuai bidang ilmu; 70% bekerja sesuai dengan bidang ilmunya dalam jangka waktu paling lama 12 (dua belas) bulan, dan 10% diantaranya menciptakan lapangan pekerjaan.
4. Tercapainya kinerja lulusan yang berkualitas dan berprestasi, dibuktikan dengan rekomendasi dari 10 perusahaan besar baik perusahaan nasional maupun multinasional.
5. Tercapainya kualifikasi sumber daya manusia yang 60% dosen berpendidikan S3 yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi program studinya; 40% dosen jabatan akademik GB+LK Tenaga kependidikan yang bersertifikasi sesuai dengan bidang tugasnya; rasio dosen terhadap mahasiswa 1:30; dan 5% dosen mendapat penghargaan bertaraf internasional; 5% memiliki pengalaman profesional sesuai bidang yang bertaraf internasional.
6. Tercapainya kepuasan dosen dan tenaga kependidikan melalui pemberian kompensasi, peluang pengembangan kompetensi dan aktualisasi diri sesuai dengan hasil penilaian prestasi kerja dan pemberian penghargaan serta sanksi (bonus, peserta pelatihan, promosi, teguran, demosi) untuk meningkatkan motivasi kerja, budaya dan etos kerja, keterbukaan dan kolegialitas.
7. Tercapainya proses pembelajaran yang produktif, efektif, dan efisien yang berbasis pada Student Centered Learning dan terlaksananya program pertukaran dan kerjasama mahasiswa antar universitas di dalam dan luar negeri.
8. Tersedianya sarana pendukung pendidikan berupa tempat ibadah, taman, kesehatan, olah raga, kantor pos, bank, toko buku, kantin, ruang bersama, ruang pertemuan mahasiswa.
9. Terciptanya suasana akademik yang kondusif malalui kurikulum yang memenuhi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, berbasis kearifan lokal, memenuhi tuntutan kebutuhan pasar.
10.   Tersedia sarana sistem informasi dan e-learning yang selalu terbaharui baik substansi maupun sarana pendukungnya.
11.Tersedia sarana prasarana kegiatan Tridharma yang meliputi ruang/diskusi/seminar, fasilitas praktikum,dan perpustakaan yang berstandar dan/atau bersertifikasi  internasional yang dapat diakses untuk kepentingan umum.
12. Tersedianya kecukupan dana dari sumber utama dan berbagai sumber tambahan dari dalam Fakultas termasuk badan afiliasi, maupun luar Fakultas Ekonomi, guna kelangsungan dan peningkatan mutu penyelenggara Tridharma  Perguruan Tinggi serta tersedianya dana sebesar 1% dari pendapatan untuk beasiswa, dan pembangunan masyarakat di sekitar kampus.
13. Terlaksananya kerjasama di bidang Tridharma dengan 2 (dua) program studi akuntansi dari perguruan tinggi ternama baik di dalam dan luar negeri dan kerjasama penelitian dengan paling sedikit 2(dua) industri yang  berbeda yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal internasional.
14. Memberikan hasil kerja nyata dan pelatihan bagi pengembangan sumber daya regional di daerah binaan Fakultas Ekonomi.
15. Dihasilkannya publikasi ilmiah Nasional dan Internasional sejumlah 1 (satu) karya per dosen per tahun.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Download Form

HALAMAN TERKAIT
GALERI MULTIMEDIA
Lihat Lebih Lanjut >>
FASILITAS PENDUKUNG
PERPUSTAKAAN Tujuan,  Sistem Layanan, dan Jadwal Layanan Sebagai unit yang menyediakan informasi ilmiah dan referensi baik berupa buku, jurnal, skripsi dan laporan magang maupun informasi ilmiah lainnya, perpustakaan Lihat Lebih Lanjut >>
EVENT KEGIATAN
              SEMINAR INTERN PRODI EKONOMI PEMBANGUNAN FEB USAKTI DENGAN TEMA : “KEMANDIRIAN WIRAUSAHA” Pembicara : M. IDRIS, S. Sos, Msi (Dirut PT Magna Kartika Jaya, Komisaris PT Manggala Jaya Utama Sampali)   Senin, 13 November 2017 Pukul 13. Lihat Lebih Lanjut >>
PROFIL DOSEN
Dr. Hermien Triyowati, SE, MS
PROFIL DOSEN Nama Hermien Triyowati NIDN 0013055305 Gelar Akademik S1: Sarjana Ekonomi: Ekonomi - Perusahaan S2: Magister Sains Sosial Ekonomi - Perencanaan Wilayah dan Pembangunan Pedesaan S3: Doktor Ilmu Ekonomi – Suistainable Development Management Email hate_usakti@yahoo.com Riset Area Economic Regional, Poverty Alleviation, Social
PUSAT STUDI
Program Studi Ekonomi Pembangunan